Kamis, 25 Agustus 2011

RENDAH HATILAH

RENDAH HATILAH

Pembaca yang terkasih, seorang yang rendah hati bukanlah orang rendahan yang mungkin menurut orang lain rendah. Orang yang paling bahagia di dalam dunia ini adalah orang yang tak pernah di hina dalam hidupnya, sebab orang yang sadar di dalam batinnya bahwa dialah yang paling hina. Sebab meletakkan diri di tempat terendah, maka tidak ada seorang pun yang bisa menghinanya. Karena tidak bisa dihina, maka ia bahagia di mana saja berada. Artinya jika kita rendah hati maka kerendahaan hatianlah yang mebuat orang disekitarnya tak ada alasan yang tepat untuk menghinanya. Namun pastilah terdengar perkataan ”jangan merendah begitulah”ya itulah pujian yang di dapat oleh orang yang rendah hati. Sebab dia tak pernah merasa tinggi melebihi orang lain, sehingga orang lain tak merasa dibawahnya. Bukan sebuah cerita jika merasa di atas akan ada kata ”sombong sekali orang ini” nah itulah yang didapatkan jika kita merasa semua adalah ”aku”. Aku terpandai, aku terbaik, aku terkaya dan masih banyak sederetan ter yang lain untuk meunjukkan keakuannya. Kata ”sombong sekali orang ini” secara tidak sadar itulah hinaan yang nyata. Maka itu jika kerendahaan hati dapat mendatangkan kebahagian kenapa kita tidak melaukannya untuk mendapatkan pujian yang indah. Bukan pujian indah yang kita butuhkan, namun kesadaran untuk mengakui bahwa masih banyak orang – orang yang lebih segalanya dari kita. Yang dapat memberi pelajaran bagi kehidupan kita untuk mengisi pengetahuan dalam kehidupan ini. Mengakui kehebatan dan kemampuan kita tak perlu bi berikan penjelasan terhadap orang di sekitar kita. Cukup dengan melakukan yang terbaik yang kita bisa, maka secara tak tak kita sadari, orang di sekitar kita akan mengakuinya. Seorang dokter ahli beda, jika sakit menimpanya masih membutuhkan dokter lain untuk memeriksa penyakitnya, ahli berarti sudah mengenyam disiplin ilmu yang tinggi, namun juga membutuhkan dokter ahli yang lain. Itulah yang mungkin dapat saya gambarkan kenapa kita selalu dan selalu masih tergantung kepada orang lain untuk terus belajar. Rendah hati bukan orang rendahan, namun rendah hati adalah gambaran kita yang selalu dapat sadar bahwa semua diantara kita punya keterbatasan. Salam perubahan dari saya Mulyono Subroto dan pembaca yang terkasih saya dapat memberikan pelayanan motivasi di perusahaan – perusahaan dan organisasi dengan menghubungi saya di 0380 8111788, juga pembaca bisa mendapatkan kata –kata motivasi dari saya setiap hari di facebook atau twitter saya dengan alamat mulyono soebroto untuk facebook dan mulyonosoebroto untuk twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar